Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat untuk menulis masih tetap menyala, menarikan pena melukiskan prasasti-prasasti kehidupan. Sampai kapanpun, saya berharap api itu tak akan pernah padam. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Sunday, July 22, 2018

2 Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Ketika Berangkat Umroh

Di tulisan saya yang terdahulu, saya pernah menulis cerita tentang pengalaman menarik saya ketika berangkat ke tanah suci untuk menjalankan ibadah Umroh bersama dengan beberapa kawan kantor. Tulisan mengenai perjalanan Umroh ini saya tulis ke dalam beberapa part atau bagian, dimulai dari bagian-1 hingga sampai ke bagian-7. Di tulisan bagian pertama saya pernah memberikan pernyataan bahwa saya akan menulis topik tentang hal-hal yang harus dipersiapkan ketika berangkat Umroh pada tulisan terpisah. Dan sesuai dengan janji saya itu, kali ini saya akan membahasnya pada tulisan ini.

Hal hal yang harus dipersiapkan ketika berangkat Umroh

Bersyukurlah kepada Allah jika kita memiliki kesempatan yang sangat-sangat berharga untuk bisa menjalankan ibadah Umroh. Karena perlu diketahui bahwa tidak semua orang memiliki kesempatan yang baik seperti itu. Banyak orang yang diberi karunia uang yang melimpah, namun hartanya tersebut lebih banyak ia hambur-hamburkan untuk hal-hal yang tidak penting bahkan ke hal-hal yang mudhorot. Banyak orang lebih tertarik untuk menghabiskan uangnya berfoya-foya, dan pada akhirnya tidak terbesit hati sedikitpun untuk memenuhi panggilan suci. Maka ketika kita diberikan kesempatan untuk bisa berangkat Umroh, maka sudah selayaknya kita harus bersyukur dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar ibadah mulia ini dimudahkan dan mendapatkan keberkahan oleh Allah.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus dipersiapkan dan diketahui ketika kita memutuskan untuk berangkat Umroh :

Memperbaiki dan Meluruskan Niat

Hal ini sangat penting dan mendasar bagi semua orang yang akan berangkat Umroh. Jangan sampai keberangkatan kita untuk menunaikan ibadah Umroh hanya dilandasi oleh kepentingan duniawi semata. Mari niatkan untuk mendapatkan ridho dan pahala dari Allah.

Mengurus Passport

Ini sudah pasti harus dilakukan karena untuk bisa pergi ke negara Arab Saudi, kita harus memiliki passport sebagai kartu identitas yang diakui oleh dunia internasional. Kartu ini sangat penting, dalam keadaan apapun jangan sampai passpord ini hilang. Saking pentingnya bahkan bisa dibilang 'passport adalah nyawa kedua' ketika kita berada di luar negeri.

Pemberian Suntik Meningitis

Suntikan meningitis biasanya diwajibkan bagi para calon jamaah yang akan berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah Umroh ataupun Haji. Sebenarnya apa saja manfaatnya pemberian vaksin meningitis ini? Diantara manfaatnya adalah agar terhindar dari virus meningitis yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu vaksin ini juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh bagi anda selama menunaikan ibadah Umroh. Vaksin ini sangat dianjurkan bagi orang Indonesia karena kebanyakan dari kita tak memiliki kekebalan terhadap virus meningitis.

Manasik Umroh

Program manasik Umroh sangat penting, sebisa mungkin harus hadir dalam acara tersebut agar kita mengetahui seluk beluk ibadah Umroh. Selain itu, program manasik umroh jika berisi tausiyah dan motivasi yang bermanfaat bagi calon jamaah yang melaksanakan ibadah Umroh. Jadi sangat sampai melewatkan program yang satu ini.

persiapan ketika berangkat Umroh

Paket Data untuk WA, dan SMS

Tetap berkomunikasi dengan keluarga tercinta di rumah harus tetap anda lakukan ketika berada di tanah suci. Pilihlah paket data yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semisal anda melaksanakan ibadah umroh selama 9 hari, maka pilih juga paket yang bisa aktif di tanah suci selama 9 hari.

Perlengkapan Umroh

Perlengkapan ini bisa terdiri dari perlengkapan yang wajib harus dibawa oleh calon jamaah, dan juga perlengkapan pribadi. Mari kita bahas satu per satu perlengkapan apa saja yang harus dibawa oleh calon jamaah Umroh.
  • Pakaian Ihram
  • Pakaian ihram ini masuk dalam kategori perlengkapan yang wajib dibawa. Tidak sah seseorang yang tidak memakai pakaian ihram dalam melaksanakan ritual ibadah Umroh. Sehingga bagi calon jamaah, pakaian ihram ini tidak boleh dilewatkan dan harus senantiasa dijaga. Tapi kalaupun benar-benar lupa untuk dibawa, maka jangan kuatir karena di pasar Madinah atau Mekkah ada yang menjual kain Ihram ini. Tentu dengan harga yang lebih mahal. Jadi lebih baik jika dipersiapkan sejak awal.

  • Pakaian Sholat 5 Waktu
  • Meskipun tujuan kita pergi ke tanah suci untuk menjalankan ibadah Umroh, tentu saja kita tidak boleh lupa untuk mengerjakan sholat wajib 5 waktu. Untuk mendukung aktivitas tersebut, kita juga harus menyiapkan pakaian yang cukup untuk dipakai ketika sholat lima waktu.

  • Pakaian Sehari-hari
  • Siapkan beberapa stel pakaian untuk digunakan sehari-hari (baik yang akan dipakai ketika di luar hotel, maupun ketika berada di dalam hotel). Tentu saka anda yang paling tahu berapa kebutuhan untuk diri anda sendiri.

  • Perlengkapan Mandi
  • Meskipun di tanah suci kita akan menginap di hotel, alangkah lebih baik jika kita juga mempersiapkan perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, pasta gigi, sikat gigi dan handuk. Kita tidak akan pernah tahu bagaimana kondisi nanti ketika berada disana. Lebih baik sedia payung sebelum hujan.

  • Sepatu dan Sandal Gunung
  • Hal yang juga sering akan dilakukan ketika melakukan ibadah Umroh adalah mengunjungi tempat-tempat penting dan bersejarah di tanah suci seperti masjid Quba, bukit Uhud, padang Arafah dan tempat-tempat menarik lainnya. Akan lebih nyaman kalau kita sudah mempersiapkan sepatu atau sandal gunung untuk mendukung aktifitas tersebut.

    sandal gunung untuk keperluan Umroh

  • Kacamata Hitam
  • Udara di tanah arab cukup terik, namun tidak lembab. Maka siapkan kacamata hitam untuk aktivitas di luar ruangan.

  • Obat-obat Pribadi
  • Bagi anda yang membutuhkan obat-obat khusus ketika bepergian, maka anda juga harus membawanya ketika menjalankan ibadah umroh. Jangan sampai ketika sudah berada di tanah suci, proses ibadah menjadi tidak maksimal karena sakit. Hal yang sama bagi anda yang merasa sehat-sehat saja, tetap harus mempersiapkan obat-obat ringan seperti sakit kepala, flu ataupun masuk angin.

Tips-tips Ketika Berangkat Umroh

Saya akan memberikan sedikit tips-tips yang bermanfaat ketika anda akan berangkat Umroh. Saya tidak mengkategorikan hal-hal berikut ini karena jikalau pun hal-hal dibawah ini tidak dilakukan, tidak akan menimbulkan masalah berarti. Ini hanya akan membuat anda merasa lebih nyaman dan aman.
  • Berdoa agar Senantiasa Sehat
  • Sehat menjadi faktor utama ketika kita menjalankan ibadah umroh. Jika tubuh kita segar dan sehat, insyaAllah semua aktivitas di tanah suci akan terasa menyenangkan dan khusyuk. Berdoalah kepada Allah agar senantiasa diberikan kesehatan.

  • Pilih biro Umroh yang Sesuai dengan Manhaj kita
  • Kenal lebih detil biro umroh yang akan mengantarkan kita. Ibadah akan lebih khusyuk dan menentramkan jika pembimbing kita berlatar belakang sesuai dengan manhaj kita. Bukan berusaha mengkotak-kotakkan, tetapi masalah kecenderungan ini menjadi hal yang tak bisa dikesampingkan. Anda (semisal dari NU) akan lebih tentram jika pembimbing umroh berlatarbelakang NU. Namun, jika anda orang Muhammadiyah, sebaiknya mencari biro umroh dari kalangan Muhammadiyah, agar lebih nyaman di hati.

  • Persiapkan Segala Sesuatunya Minimal 1 Minggu Sebelumnya
  • Hal ini berguna agar anda bisa lebih siap dalam menghadapi keberangkatan menuju tanah suci. Anda juga lebih fokus kepada kesiapan mental dan spiritual. Ketika kesiapan perlengkapan masih belum sempurna ketika hari H, biasanya itu akan mengganggu mental anda ketika berangkat. Maka lebih baik persiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Yup demikian pembahasan mengenai persiapan ketika berangkat umroh beserta tips-tipsnya. Semoga bermanfaat.



Related Post



2 comments:

  1. Kak admin, kalo persiapan doa-doanya gimana ya? Ada referensinya kah? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha. nanti biasanya ada buku referensi dari biro nya.

      Untuk referensi, ini juga bisa dibaca : https://almanhaj.or.id/2252-tata-cara-umrah.html

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates