Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Monday, April 16, 2018

0 Keindahan Wisata Dam Jati Magetan

"One’s destination is never a place, but a new way of seeing things".
-- Henry Miller
Pagi itu, udara masih terasa dingin. Matahari belum sempurna menampakkan sinarnya. Saya duduk-duduk di kursi dengan santai. Secangkir kopi hitam terpampang manis di atas meja, setia menemani saya. Anak-anak lalu lalang berlarian. Mereka terlihat asyik dengan dunianya, sesekali tertawa lepas merasakan ada yang lucu dalam permainan mereka. Di lain sisi, saya rasakan tubuh ini masih capek. Sekitar pukul 5 pagi tadi, saya baru saja menjejakkan kaki di stasiun Madiun. Setelah sebelumnya saya berada di Jakarta dalam acara Pameran Kereta Api (Railway Exhibition) yang diselenggarakan di Jiexpo Kemayoran Jakarta. Mewakili PT. INKA (Persero), saya bertugas untuk menjaga booth INKA dalam pameran tersebut selama 3 hari lamanya.

Sesruput demi sesruput saya rasakan kopi ini seperti memberikan energi yang tiba-tiba mengalir dalam tubuh. Momen pagi yang benar-benar hangat. Mendengarkan celoteh anak-anak, benar-benar menjadi pagi yang indah.

Namun di tengah suasana yang hangat itu, istri tiba-tiba bertanya apakah bisa hari ini menyempatkan untuk bisa mengunjungi objek wisata Dam Jati yang sekarang ini sedang hits. Tambahnya, mumpung hari masih pagi, dan lokasinya juga tidak jauh-jauh amat dari rumah.

Sebentar-sebentar, Dam Jati? saya berpikir sejenak. Memang akhir-akhir ini saya sering mendengar tentang Dam Jati atau Bendungan Jati yang katanya sudah menjadi objek wisata baru yang patut untuk dikunjungi. Beberapa teman juga sudah mengunjunginya. Sebelumnya saya pernah kesana kira-kira dua tahun yang lalu dan rasanya tempatnya masih biasa-biasa saja, tidak ada yang istimewa. Tetapi kabar yang beredar, kita-kira awal tahun 2018 lokasi Dam Jati dirombak. Beberapa bagian didesain sedemikian rupa sehingga tampak lebih menarik. Hal yang paling mencolok adalah pemberian warna-warna dan balon-balon yang dipasang di beberapa sisi, menjadikan Dam Jati tampak lebih meriah dan hidup.

objek wisata Dam Jati Magetan
Kak Hanan dan Dek Agha mendaki bukit mini menuju hutan jati yang ada di lokasi wisata Dam Jati


Bendungan Jati atau Dam Jati

Dam Jati terletak di Gorang Gareng (Taji), Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan. Dari jalan besar yang menghubungkan gorang-gareng (kawedanan) dengan Kebonsari Madiun, untuk menuju lokasi Dam Jati masih harus masuk ke dalam sekitar 1 km jauhnya. Dam Jati sudah ada sejak saya masih kecil. Saya ingat ketika saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar, bapak mengajak saya untuk memancing ikan di Dam Jati ini. Dahulu, Dam Jati cukup lumayan lho pengunjungnya. Kebanyakan dari pengunjung adalah para pemancing atau masyarakat sekitar yang ingin melihat wisata pedesaan yang alami. Untuk bisa menikmati wisata Dam Jati, dulu tidak ditarik biaya, karena memang tidak terlalu banyak pengunjungnya. Takutnya kalau ditarik biaya, nanti malah tidak ada yang datang.

Namun seiring perkembangan zaman, pengunjung objek wisata Dam Jati juga tak mengalami kenaikan. Jumlahnya tetap itu-itu saja. Entah ide atau usulan dari siapa, akhirnya Dam Jati mengalami penataan ulang untuk dijadikan objek wisata unggulan daerah. Nah, bagi kamu-kamu yang belum berkunjung ke Dam Jati, rugi lho kalau belum kesana. Lha disana memangnya ada apa saja?

Ini dia beberapa hal yang bisa kamu nikmati di objek wisata Dam Jati :
  • Suasana Sungai dan Bendungan
  • Ini jelas merupakan fitur utama dari objek wisata ini.

  • Pesona Hutan Jati
  • Di dekat bendungan terdapat pohon jati yang dihias dengan balon-balon dan beberapa hiasan kupu-kupu yang memungkinkan kita untuk berfoto-foto disana.
    wisata bendungan dam jati magetan

  • Hiburan Musik dan Senam Sehat (hanya di hari minggu)
  • Nah bagi kamu penggemar dangdut, mungkin bisa datang kesana di hari minggu. Disana biasanya akan lebih ramai dari biasanya, karena akan ada panggung hiburan dan senam sehat.

    wisata Dam Jati di hari minggu
    Suasana di hari Minggu

  • Spot untuk Foto
  • Kamu bisa memilih berbagai macam spot dan lokasi menarik untuk mengambil selfie atau foto rame-rame bersama teman-teman.

Cara Menuju ke Wisata Bendungan Jati

Nah berikutnya kita bahas bagaimana cara menuju lokasi wisata ini.

Dari Madiun
Bagi kamu yang berasal dari kota Madiun, berikut ini adalah peta untuk menuju lokasi wisata Dam Jati. Dari Alun-alun Madiun, silahkan menuju ke arah gorang-gareng melalui desa Madigondo sampai bertemu dengan Polsek Takeran. Dari Polsek Takeran silahkan belok ke arah kiri sampai mentok. Lalu belok ke arah kiri sampai ketemu jembatan. Nah sebelum jembatan, silahkan belok ke kanan (ke arah selatan) lewat jalan kecil menyusuri sungai.
jalur menuju wisata Dam Jati dari arah Madiun

Dari Magetan Kota
Untuk anda yang berasal dari Kota Magetan, silahkan lewat jalur Magetan-Gorang-gareng sampai akhirnya ketemu perempatan Gorang-gareng. Dari perempatan Gorang-gareng kemudian belok kanan. Lurus saja ke selatan sampai ketemu Pabrik Gula Rejosari kemudian ambil arah kiri (ke arah Timur). Terus saja ke timur sampai ketemu dengan sungai. Nah tepat sebelum sungai, silahkan belok ke kanan (ke arah selatan). Susuri sungai hingga ketemu lokasi wisata Dam Jati.

Jalur menuju Dam Jati dari arah Magetan

"Seseorang tidak akan pernah menemukan lautan baru hingga dia memiliki keberanian untuk melupakan pantai".
--Andre Gide.



Related Post



0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates