Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Wednesday, April 17, 2013

10 Mengenang Pramuka Waktu Masih SMA : Part 1

Mungkin teman-teman akan sejenak tertawa, bahwa dulu ketika masih berseragam putih abu-abu, aku adalah seorang pramuka sejati. Loyalitas dan kecintaanku kepada pramuka waktu itu sungguh tak terbantahkan. Meski terdaftar dan lumayan aktif di beberapa organisasi lain seperti OSIS dan Rohis, namun faktanya loyalitas tertinggi aku sematkan di dalam organisasi pramuka. Dalam organisasi ini aku temukan begitu banyak pengalaman yang luar biasa. Baik fisik maupun mental. Organisasi yang membawaku kepada petualangan-petualangan menegangkan dan bahkan mengerikan. Organisasi yang membawaku bertemu dengan banyak ragam tipe manusia, mulai dari petinggi rohis yang alim, sampai anak-anak yang biasa begajulan di luar sana. Namun karena itulah, dulu aku cinta organisasi ini. Semuanya bersatu padu dan berbaur. Yang alim bisa berdakwah, yang begajulan bisa berkumpul dengan yang alim. Pada tulisan kali ini, aku ingin sejenak flashback, memutar memoriku ke belasan tahun yang silam. Saat baret coklat, tali temali, dasa darma, dan tri satya, telah menjadi simbol identitas.

pramuka waktu SMU
Saat Lomba Pramuka Tingkat Provinsi
di Coban Talun, Malang

Entah semenjak kapan dimulainya, namun pramuka telah menjadi keluargaku. Sanggar pramuka yang berada di salah satu sudut sekolah yang katanya terbaik di Magetan itu, menjadi tempat nongkrong bersama sahabat yang lain. Kadang diisi dengan rapat, atau hanya sekedar rutinitas bercanda dengan kawan-kawan pramuka yang lain. Aku yakin, setiap orang akan selalu memiliki memori-memori yang indah saat masih di bangku SMA. Maka tak heran jika ada sebuah lirik lagu, bahwa masa-masa yang paling indah adalah masa-masa di sekolah. Anda boleh setuju juga boleh tidak ^_^. Namun setidaknya aku merasakannya.

Ceritaku bermula ketika ada beberapa kawan di kost yang mengajakku untuk ikut pembantaraan pramuka. Pembantaraan adalah istilah perekrutan kader anggota pramuka ke level Bantara. Awalnya aku agak kurang setuju ikut organisasi ini, karena malas jika harus disuruh baris berbaris dan dibentak-bentak seperti itu. Namun lama kelamaan akhirnya setuju juga untuk ikut. Sebenarnya ini juga karena paksaan beberapa kawan-kawan dekat untuk ikut. Berbekal mental dan semangat kawan-kawan yang bergelora, kami siap mengikuti pembantaraan. Bahkan ada seorang kawan sebut saja Mali, berkata : "Wes.. nek senior'e macem-macem, dijak gelut wae!!" (red : Udah jika seniornya macam-macam, kita ajak berkelahi saja). Kira-kira demikianlah ucapan kawanku yang memang ngomongnya blak-blakan, namun pandai memasak itu.


***
#bersambung ke part 2.

Related Post



10 comments:

  1. Replies
    1. salam pramukan mas Eko. Tunggu cerita selanjutnya ya.

      Delete
  2. Wah Fin, dulu aku ikut pramuka juga wkt SMA, pernah kemah di daerah pegunungan, terus malem malem diminta muter2 rute yg ditentukan buat minta tanda tangan ... kalau ingat waktu itu

    lanjutannya pasti seru nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. seru banget ikut penjelajahan malam-malam trus kadang juga ditakut-takutin pake hantu jadi-jadian.

      Ditunggu cerita selanjutnya yah.

      Delete
  3. saya justru gak suka ikut pramuka, alasannya cuma satu
    seragam pramuka saya kekecilan sehingga mepet klo dipakai, jadinya risih sepanjang ikut kegiatan pramuka (waktu SMP_red)
    di SMA udah gak wajib lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he.. salam pramuka aja mbak :)

      Delete
  4. pipit asrininingpuri7:45 AM, April 18, 2013

    Q sing termasuk begajulan ya....hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha... aku juga begajulan pit..

      Delete
  5. salam pramuka !

    saya dulu juga pramuka smasa bang, salam kenal ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya kita pernah bertemu di suatu tempat pas acara makan ^_^

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates