Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Tuesday, April 16, 2013

8 Cara Keluar dari Google Sandbox

Sudah dua hari ini blog kesayangan saya inspirasi coffee terkurung dalam google sandbox. Apa itu google sandbox?, sebenarnya saya sendiri juga mengerti secara mendalam. Yang saya tahu bahwa efek dari sebuah blog yang terkena google sandbox adalah blog tersebut tidak terindex oleh google search engine dalam kurun waktu tertentu. Tentu ini sangatlah merugikan bagi kita sebagai blogger. Jika blog kita tidak masuk ke dalam search engine, maka secara otomatis trafik pengunjung kita akan menurun signifikan. Jelas karena apapun postingan yang kita share, tidak terdeteksi di index pencari google, sehingga yang melihat postingan kita hanyalah mereka yang merupakan pengujung rutin blog kita. Bukan karena hasil mencari dari google. Tentu hal ini merugikan sekali bukan?

Google sandbox ini hanya berlalu bagi blog yang sudah pernah terindex google. Bagi blog yang masih baru, tentu ketiadaannya dalam search engine, bukan dikarenakan oleh google sandbox, namun lebih karena google sendiri belum mengenal blog baru kita. Jelas ini butuh waktu untuk berkenalan. Sedangkan google sanbox sendiri, umumnya terjadi pada blog yang memiliki peningkatan trafik meningkat tajam secara signifikan, sehingga ini membuat google curiga. Apakah ini spam ataukan bukan. Jika kecurigaan google pada posisi yang sudah yakin, maka secara kejam, dia akan menghilangkan keberadaan blog kita dari SERP.

Hal ini juga yang terjadi pada blog Inspirasi Coffee selama 3 hari ini. Tanpa dinyana, inspirasi coffee tiba-tiba hilang dari peredaran. Saya ketika di pencariaan, sudah tidak ada. Sungguh sedih luar biasa. Padahal sebelumnya blog ini telah memiliki sitelink. Akhirnya saya melakukan beberapa jurus yang sudah pernah saya implementasikan pada tulisan Bagaimana caranya mengembalikan url postingan yang hilang dari index google.

Akhirnya setelah 3 hari pasca kasus menghilangnya blog kesayangan dari search engine, akhirnya di pagi yang cerah ini, blog sudah kembali terindex dengan cantiknya. Alhamdulillah. Semoga semakin semangat menulis lagi.

cara keluar dari google sandbox


Selamat mencoba kawan, semoga pengalamanku ini memberi manfaat.

Related Post



8 comments:

  1. ternyata mbah google bsa curigaan jga ya mas..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he.. ya begitulah. Google kan juga punya perasaan. #eh

      Delete
  2. pengunjungnya udah banyak ta mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he. masih lebih sedikit daripada blog papapz ^_^

      Delete
  3. Waduh saya pun jadi harus berhati2 juga jangan sampai kena google sandbox atau apalah
    terima kasih atas sharingnya dan salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. semoga artikel ini bermanfaat.

      Salam kenal juga mbak Rina :)

      Delete
  4. kadang jadi lemas karena banyaknya peraturan dari google y mas :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya.. he he.
      Kita yang harus menyesuaikan

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates