Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Sunday, January 9, 2011

3 Kaleidoskop oprek html blogspot

Tercatat saya mulai membuat berbagai tulisan dengan menggunakan media blog sejak september 2008. Ketika itu lebih memilih blogspot sebagai kanvas dari tarian pena-pena keyboard laptop saya disebabkan beberapa hal, antara lain terinspirasi sahabat fillah yang sudah membuat blog sebelumnya. Tetapi setelah sekian lama menggarap tarian-tarian pena saya di lahan blogspot ini saya menemukan, mencoba dan merekam beberapa keunggulan blogspot (saya tidak tahu apakah media blog lain memberikan fasilitas yang sama atau tidak). Salah satunya adalah memberi keleluasaan yang lebih kepada saya untuk berkreasi membentuk mau seperti apa tampilan blog saya.

Ada beberapa pilihan template default yang disediakan oleh blogspot antara lain sebagai berikut :


gambar diambil dari banyaknyamuk.blogspot.com


Ketika kita memilih template default yang disedikan blogspot ini, maka akan memungkinkan terjadi kesamaan tampilan antara blogger yang satu dengan blogger yang lainnya. Untuk menghindari itu, blogspot sudah menyiapkan fasilitas edit html untuk keperluan modifikasi tampilan blog. Dengan memilih salah satu template, kita bisa berkreasi memodif tampilan blog menjadi seperti apa yang kita mau.

Ketika itu saya memilih template minima sebagai tampilan dasar blog ini. Kemudian saya mengupgrade tampilannya sedikit demi sedikit sehasta demi sehasta dan akhirnya menjadi seperti ini


Berikut tahapan yang saya lalui :
1. Membuat tampilan blog dari 2 kolom menjadi 3 kolom
dalam hal ini saya harus mengestimasi lebar pixel dari tiap kolom yang memungkinkan desain blog saya dari segi lebar bisa eye catching
2. Membuat read mode yang bisa diklik tanpa harus reload bandwidth lagi.
silahkan coba saja klik disetiap postingan tulisan-tulisan saya di bagian yang ada kata +- Selengkapnya, disitu kita tak perlu menunggu reload bandwidth dan tak harus menuju page baru yang biasanya ini yang membuat malas para pembaca.
3. Membuat judul postingan bisa dikasih kotak/border, memilih warna background.
Kali ini saya mencoba menambahkan background berwarna hijau (warna kesukaan saya) dibalut kotak hitam membuat tampilan lebih artistik.
4. Memberi kotak/border dari setiap kolom blog saya.
Batasan yang jelas antar kolom membuat tampilan antar kolom serasa lebih terbingkai indah.
5. Membuat kotak komentar dengan background berbeda pada admin.
Sekali lagi warna yang saya tambahkan adalah warna hijau, karena hijau make me feel fresh (sebuah jawaban ketika saya ditanya oleh tutor bahasa inggris di pare kediri)
6. Memodifikasi tampilan background 'quote'
Tampilan pattern yang tidak mencolok tetap mempertahankan cita rasa sederhana.

Dengan memodif atau mendesain sendiri tampilan blog kita, maka kita bisa memastikan tidak ada satupun dari blogger2 lain bisa memiliki tampilan yang sama dengan blog kita (kecuali jika memang berniat meniru). Hal ini bisa menambah semangat untuk terus menulis dan menulis karena :

menulis itu adalah berbagi, tak harus sempurna tapi mampu memberi cerah. Menulis itu adalah diary, tak harus terkenal tapi mampu merekam pemahaman diri. Menulis itu berjuang, tak harus diukur oleh manusia tapi cukuplah Allah yang menilai. ~fifin~

Related Post



3 comments:

  1. Tak harus diukur oleh manusia....

    Mantep mas!

    ReplyDelete
  2. yup ketika kita membuat sebuah tulisan yang kemudian tulisan tersebut mampu memberi inspirasi kepada pembaca dan akhirnya membuat pembaca semakin tercerahkan, maka sudah cukup itu disebut sebuah amal dan pastinya hal tersebut tak harus diukur oleh manusia bukan...^_^

    btw.. terima kasih sudah berkunjung..n keep writing...

    ReplyDelete
  3. Sepertinya kita memiliki selera yang sama bro.. :)
    Suka yang simple2, wah, jadi pengen bisa oprek lebih dalam.. hehe.. selama ini cuma bisa oprek dikit2..

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates