Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Wednesday, November 11, 2009

0 Encript email di ubuntu

Mungkin sering kita tidak sadar bahwa apabila kita mengirim email yang sifatnya rahasia kepada seseorang, tidak ada jaminan bahwa email kita dalam keadaan aman. Sebagai contoh kita ingin mengirim file yang isinya adalah data rahasia perusahaan. Dalam hal ini, ada banyak cara supaya data dalam isi email tersebut dalam keadaan aman. Bagi teman-teman yang bergelut dengan dunia Operating System Ubuntu, maka saya ingin berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana caranya encript email tersebut.

1. Membuat Key yang berfungsi sebagai alat encript dan de-encript.
Caranya adalah dengan menekan tombol ( alt + F2 ), kemudian kita akan digiring masuk ke "Run Application". Kemudian ketik 'seahorse' dan tekan tombol run. Nantinya teman-teman akan masuk ke dalam window "password and encription keys". Klik file --> new, untuk membuat PGP keys, nanti teman-teman akan disuruh memasukkan data-data yang diperlukan seperti (nama , email, password). Dan secara otomatis, teman-teman akan dibuatkan private key-nya.

2. New Private key sebagai backup.
Perlu diketahui bahwa Private key yang sudah digenerate tersebut sebenarnya adalah private key yang sudah di embedded ke dalam system tadi. Jadi contoh semisal suatu saat komputer anda di format maka kita akan kehilangan private key yang sudah terembeded tadi. Kita terpaksa harus membuat lagi dari awal. Padahal sebenarnya kalau kita punya backup-nya, maka hal tersebut tidak perlu dilakukan. 

Cara membuat Private Key sebagai backup : adalah dengan double klik ke "personal key" yang sudah dibuat tadi. Kemudian di lihat pada bagian "detail", disitu ada bagian "export complete key". Anda bisa menyimpan backup private key ini di suatu tempat yang aman dan jangan sampai tersebar/beredar. 

3. Buat Public Key
Public key kita ini harus dipakai oleh penerima sebagai semacam de-encript dari email yang sudah kita encript. Jadi kita harus mengirimkan 'public key' ini ke penerima supaya di 'sign' sebelum melakukan tukar-menukar email terencript. Cara membuat public key sangatlah mudah, yakni dengan klik kanan pada bagian 'personal key' yang sudah kita buat. Kemudian langsung kita save ke HardDisk dan segera mengirimkan public key ini ke calon penerima.

4. Teknis Mengirim dan menerima email terencript.
Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, kita bisa langsung praktek dengan menggunakan salah satu email client bawaan Ubuntu yakni "Mail Evolution". Pada bagian compose email, jangan lupa di bagian "SECURITY" harus dicentang dulu "PGP Sign" dan "PGP Encript".  Kemudian ketika email akan dikirimkan, maka dia akan minta password. Email yang dikirimkan tidak akan bisa dibaca kecuali oleh penerima yang sign "public key" kita dan kita juga harus sudah mensign "public key" penerima.

Selamat mencoba dan semoga berhasil. Untuk pertanyaan lebih lanjut bisa kirim email ke : fifinnugroho@gmail.com

Related Post



0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates