Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Thursday, December 15, 2011

19 Burlian

Kemarin malam setelah pulang kantor dalam kondisi hujan deras saya menyempatkan membeli nasi ayam goreng di dekat kontrakan tempat saya tinggal. Sesekali suara petir terdengar menggelegar menciutkan siapa saja yang sedang berkendara. Menegok di jam tangan disebelah kiri menunjukkan sudah pukul 20.15. Saya harus segera sampai di rumah. Serius.. saya sedang penasaran dengan cerita di novel yang beberapa hari terakhir ini saya baca. Selesai membeli makanan, beberapa menit kemudian saya tiba di rumah yang berlokasi tidak jauh dari tempat membeli makanan tadi. Gemericik hujan, badan yang sudah capek bekerja, lelah juga karena bermain tenis meja di sore harinya, membuat selera makan saya sedang tinggi-tingginya. Selesai makan sambil ditemani nonton TV, cuci muka, gosok gigi, ganti pakaian, saya pun beranjak mematikan lampu dapur, kamar mandi dan ruang tengah. Sekarang masuk sesi yang paling ditunggu-tunggu. Yah apalagi... kalau bukan melanjutkan membaca novel Burlian. Loh ndak mandi..?? ha ha jangan ditanya lah soal itu... jelas tidak masuk kamus bagi warga pendatang di kota ini. --halah alasan--

Dari tiga novel Cerita Anak-anak Mamak besutan Tere Liye yang paling membuatku terkesan adalah Burlian . Kita belum berbicara novel pertama yaitu Amelia (maklum belum beli). Dan pagi ini saya selesai membacanya. Meski ceritanya lebih sedikit dibandingkan Eliana yang notabene lebih tebal dan komplek, namun sosok Burlian di novel ini benar-benar berhasil digambarkan sebagai sosok yang spesial oleh penulisnya. Maka tidak berlebihan jika di akun goodreads saya, rate penuh saya berikan untuk novel ini.


Novel ini mengingatkan saya ketika masih SD. Waktu itu secara tidak sengaja saya menemukan novel yang tergeletak begitu saya di tumpukan buku di meja rumah. Novel itu bercerita tentang kisah kepramukaan. Ditulis dengan sangat runtut dan menarik hingga saya yang kategori anak-anak bisa menikmatinya. Seru dengan petualangan penjelajahan di hutan-hutan. Bertemu dengan kakak-kakak senior yang menyamar menjadi hantu, kakek tua, nenek-nenek dan bahkan orang gila. Pertemuan yang sudah diskenariokan itu menjadi rangkaian teka-teki yang musti dijawab nanti saat tiba di pos selanjutnya. Sebuah novel yang mengagumkan. Setidaknya bagi saya ketika itu. Sayang.. saya lupa apa judulnya dan siapa pengarangnya.

Kembali lagi ke novel Burlian. Bapak dan Mamak sering memanggilnya anak yang spesial. Se-spesial seluruh petualangannya di novel ini. Sikapnya kepada orang tua, kepada gurunya, kepada teman-temannya dan bahkan kepada orang yang baru dikenalnya. Itu semua yang membawa dirinya kepada kesempatan-kesempatan luar biasa yang tidak mungkin dia lupakan sepanjang hidupnya. Ah jadi ingat pepatah atau apalah yang seperti itu :
Orang bodoh kalah sama orang yang pandai, orang yang pandai kalah sama orang yang
licik, orang yang licik kalah sama orang yang beruntung
. Dan Burlian adalah orang yang beruntung itu.

Related Post



19 comments:

  1. emang Amelia udah terbit ya Pak? kok belum nemu bukunya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

      JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

      JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBA

      Delete
  2. @puchsukahujan : wah ndak tahu mbak, belum sempat ke toko buku lagi.

    eh setelah saya cari di goodreads.. memang belum ada mbak.. hu hu..hu... padahal dah pengen beli bukunya...

    ReplyDelete
  3. Special dan manis sekali . . . ^^

    ReplyDelete
  4. Memang klo sedang lagi mau baca novel atau nonton film yg bagus banget, pengennya cepet2 baca dan bakal gak kerasa berjam-jam dihabisin di depan buku atau laptop..:
    Buat ringkasannya dong fin, biar ane bisa ikut nyimak.

    ReplyDelete
  5. @Dwi Yulianti : wah yang special dan manis itu burlian atau saya dek? #dikit_ngarep

    @iput : wah klo dibuat ringkasannya nanti para calon pembaca novel Burlian bakal protes, karena ndak seru lagi kan...
    membiarkan mereka dalam penasaran.

    ReplyDelete
  6. @fifin
    Burlian, tapi mas lebih spesial lagiii.

    Kalau yg manis tulisannya, kian hari kian beda saja. Sudah banyak belajar nulis yang lebih bagus, kapan2 belajar ttg gaya bahasa yaa mas biar tambah manteb. hehehe

    ReplyDelete
  7. @fiffin & dwi Yulianti: hoho...suit2..suit. Sekali kali Kasih bungalah fin & ajak makan di restaurant...hehe, bercanda fin (jangan dimasukin di hati)

    ReplyDelete
  8. @Dwi Yulianti : he he makasih....
    mengenai tulisan.. hemm... sedang belajar mengemasnya menjadi tulisan yang enak dibaca.

    @iput : wah kasih bunga??? jaman kapan itu put.... , jamannya sekarang --> rekening he he...
    klo makan sih seringnya masih di warung ... hik hik...

    ReplyDelete
  9. @iput

    hehe cinta tak harus dikatakan dengan bunga^^. Bagi saya daripada diberi bunga, lebih baik dibelikan novel/buku hehehe . . . .

    ReplyDelete
  10. wah jadi target buku bulan depan nih..

    ReplyDelete
  11. wah, kudu ng togamas iki. amelia iku buku pertama, tp dterbitkan terakhir. djadikan penutup 4 serial: eliana, burlian, pukat, amelia.
    『otoy』

    ReplyDelete
  12. @Thoyib Tri Handoko [Otoy] : iya yib, amelia novel pertama, cuma kayaknya sih belum ada di togamas... tapi katanya (gosip-gosip) amelia terbitnya tahun 2011. Nah skr kan dah desember 2011, masak belum ada juga yah...

    ReplyDelete
  13. amelia emang belum terbit, malah keduluan novel tere liye yg baru judulnya SUNSET BERSAMA ROSIE, hmmm....AMELIA! kapankah dikau terbit??? he...

    ReplyDelete
  14. @eteh_etha : wah belum terbit ya mbak?, padahal katanya terbit tahun 2011 kemarin.

    ReplyDelete
  15. saya malah belom baca tuh buku, pak.
    hehe..
    padahal udah hmm mungkin satu tahun berada di rak buku saiya :D

    ReplyDelete
  16. @rumahniefha : wah ini novel keren banget deh mbak.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates