Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat menulis masih menyala terang, menarikan pena melukiskan cerita kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Sabtu, 08 Juni 2013

1 Cara Agar Toko Online Laris

Memang tak bisa dipungkiri, bahwa sekarang ini zaman sudah jauh berubah. Dunia sudah menjadi lebih flat. Teknologi informasi berkembang demikian canggih. Komunikasi di berbagai belahan dunia manapun, bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Perdagangan konvensional semakin tidak relevan. Kini, perdagangan tak harus dilakukan dengan bertemu langsung, cukup dilakukan dengan kesepakatan jarak jauh. Maka tak heran jika sekarang banyak sekali di jumpai toko-toko online bukan?


Bagi mereka yang mencoba terjun ke jual beli online, ada banyak yang harus diperhatikan supaya barang yang dijual laris manis di pasaran. Penjual harus memiliki strategi jitu supaya segera mendapat kepercayaan dari calon pembeli. Sudah menjadi rahasia umum bahwa di luar sana cukup banyak penjual palsu yang secara tidak langsung bisa menurunkan tingkat kepercayaan calon pembeli kepada penjual online yang sebenarnya jujur. Butuh waktu kawan, kepercayaan itu ada masanya. InsyaAllah.

Setelah menekuni bisnis jual buku secara online hampir setahun yang lalu (seperti yang pernah saya bahas disini), cukup banyak pengalaman yang saya dapatkan. Alhamdulillah setelah hampir satu tahun ini, toko buku online Hanan sudah melewati masa death valley. Mengenai detah valley ini, ingin saya membahasnya pada tulisan berikutnya atau kesempatan yang lainnya.

Pada tulisan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman bagaimana caranya meraih kepercayaan dari konsumen berbekal toko online. Semoga ini bisa bermanfaat bagi kawan semua yang ingin berjualan secara online.

1. Membuat Website Toko
Bisa dibilang website toko adalah indikasi dari sebuah keseriusan dari usaha online. Saya ambil contoh, anda ingin menjual pakaian. Mungkin pada awalnya anda menjual via BBM atau twitter atau facebook, tetapi ketika pembeli ingin melihat katalog lengkap dari barang yang anda jual, maka saya jamin akan sedikit kesulitan. Ini berbeda jika kita memiliki website toko. Kita bisa memajang seluruh barang dagangan kita di website itu. InsyaAllah dengan begini, pembeli bisa memilah-milah sendiri, mana barang yang hendak dibeli. 

Yang yang penting juga dari website toko online adalah menggunakan domain berbayar. Hal ini menunjukkan bahwa kita serius dalam berbisnis online. InsyaAllah calon pembeli juga akan berpikir ke arah situ.

2. Memanfaatkan Sosial Media
Setelah membuat website toko, kita perlu menggencarkan promosi menggunakan sosial media yang ada. Buat akun yang aktif di berbagai sosial media seperti facebook dan twitter. Pastikan sosial media ini aktif setiap hari. Ini  akan menunjukkan keseriusan dari penjualan online.

3. Mudahkan Pembeli
Jangan membuat pembeli merasa ribet. Usahakan cari cara termudah bagi pembeli untuk belanja di toko kita. Banyak diantara toko online mensyaratkan calon pembeli untuk mengisi biodata. Menurut saya ini terkesan agak ribet. Kalau bisa membeli dengan cara termudah, kenapa harus dipersulit. Lebih baik mana, 'pembeli yang dipersulit dan penjual merasa mudah' atau 'penjual ribet, tapi pembeli merasa dipermudah' ?.

4. Profesional Melayani Pembeli
Ketika ada pembeli yang sedang memesan barang ke kita, pastinya kita melayaninya dengan semangat  dan sepenuh hati. Walapun terkadang pada saat itu kita mengalami kerugian, pastikan kita tetap melayaninya dengan baik. Karena tidak jarang, pembeli ini menjadi alat promosi terbaik bagi kita.

5. Jujur
Pernah suatu ketika saya salah dalam memberikan informasi mengenai ongkos kirim. Sehingga saya menjadi rugi karenanya. Tetapi saya berusaha tetap melayani semaksimal mungkin. Bisa jadi saya rugi hari ini, tetapi tetap rezeki saya sudah diatur oleh Allah. Jujur katakan apa yang sedang terjadi kepada konsumen, ini yang akan merekatkan tali kepercayaan.

0. Berdoa kepada Allah, Sang Pemberi Rezeki
Sengaja saya memberikan nomor satu pada point terakhir ini, karena saya anggap ini poin terpenting bagaimana cara agar toko online kita laris. Sehebat apapun strategi kita untuk berbisnis, jika itu tak dibarengi dengan kehendak Allah, maka mustahil hal itu akan terjadi. Tugas kita adalah bagaimana menyelaraskan kehendak Allah dengan keinginan dan cita-cita kita.

Demikian sedikit tips, semoga bermanfaat. Salam inspirasi coffee.
 


Related Post



1 komentar:

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates