Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat untuk menulis masih tetap menyala, menarikan pena melukiskan prasasti-prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Thursday, July 26, 2012

81 Cara Mengatasi Url Postingan yang Hilang di Index Google

Beberapa waktu yang lalu saya menulis sebuah postingan/artikel yang berjudul 'SEO, makanan apa itu'. Beberapa jam setelah tulisan tersebut di publish, ternyata postingan/artikel tersebut cukup digemari oleh mbah Google dengan posisi nangkring di halaman pertama pencarian kakek Google. Namun, di hari berikutnya, saya cukup heran karena ketika iseng mengetikkan judul postingan tersebut di mesin pencari untuk mengetahui apakah postingan itu masih cukup eksis, ternyata yang muncul adalah homepage blog inspirasi coffee. Loh kok malah homepage yang keluar, postingan saya yang lebih spesifik kok malah tidak muncul, hilang kemana?. Rupanya hal senada juga kembali saya alami pada postingan terbaru kemarin yang berjudul 'mengubah domain blogspot ke domain sendiri'. Ketika pertama kali postingan tersebut di publish, sebenarnya posisi SERP sudah menempati di halaman pertama. Namun di hari berikutnya malah hilang. Kejadian ini cukup membuat saya mendalami permasalahan ini.

Singkat kata, setelah mencari dan membaca di beberapa referensi, saya semakin memahami bahwa postingan/artikel saya hilang karena memang dihapus dari daftar index (SERP) oleh mbah Google sendiri. SERP adalah search enginer result page, atau dalam bahasa kita yakni halaman hasil pencarian Google. Alasan mbah Google menghapus tulisan/postingan sebuah blog dari index pencarian (SERP) memang memiliki alasan yang cukup bervariasi. Ada yang dianggap tulisan spam, ada juga karena alasan lain yang saya sendiri juga kurang mengerti.


postingan hilang di SERP


Untuk kasus dua postingan/artikel saya yang hilang di blog ini, saya mencoba mencermati dan sedikit mengira-ngira apa penyebabnya. Berikut beberapa alasan yang mungkin, kenapa postingan saya dengan judul 'Mengubah domain blogspot ke domain sendiri' dihapus dari index Google :

1. Postingan saya pada awalnya mengandung kata-kata yang mungkin dibenci oleh Google, seperti h*cking, h*cker dan sejenisnya.
2. Saya menambahkan deskripsi pencarian yang mungkin tidak sesuai dengan isi dari artikel. Ketidak-sinkronan ini membuat Google beranggapan bahwa postingan tersebut masuk dalam kategori spam. Seperti yang kita tahu, bahwa kakek Google ini sangatlah profesional dalam memberikan pelayanan pencarian. Jika tema yang dicari tidak sesuai dengan isi dari sebuah tulisan, maka dengan sangat mudah Google menganggap tulisan itu sebagai spammer. Karena dianggap spam, maka postingan tersebut otomatis tidak masuk dalam index pencarian. Disinilah letak profesionalitas Google.

Karena postingan ini cukup menguras energi pengetahuan saya dan berpotensi cukup memberi manfaat bagi rekan-rekan blogger, maka saya mencoba melakukan upaya-upaya untuk mengembalikan postingan tersebut ke index pencarian Google. Dan berikut ini adalah usaha saya untuk mengembalikan postingan tersebut sehingga memberikan harapan untuk dicintai kembali oleh si Raja Pencari :

1. Mengubah beberapa kata atau kalimat yang mungkin bisa menyebabkan hal itu dibenci oleh Mbah Google. Termasuk mengganti nama blog saingan blogger yakni wordpr*ss dengan istilah WP. Entahlah, ini hanya intuisi saya saja sih. Memberikan efek atau tidak, saya juga kurang tahu. Yang jelas beberapa jam setelah saya melakukan beberapa poin usaha ini, akhirnya postingan tersebut kembali ke index mesin pencari (SERP).
2. Melakukan blogwalking dengan membidik alamat blog kita dengan url alamat postingan yang hilang tadi. Usaha ini adalah untuk meyakinkan si Embah supaya menarik kembali pandangan bahwa postingan pada alamat url ini adalah spam. Kalau bisa, lakukan blogwalking ini ke beberapa teman blogger yang memiliki statistik pagerank dan alexa yang lumayan.


search engine result page


Sebenarnya masih banyak langkah yang musti dilakukan untuk mengembalikan postingan/tulisan yang hilang dari index pencarian Google. Tergantung seberapa parah kasusnya. Untuk kasus di blog coffee break, saya hanya melakukan 2 usaha diatas saja. Dan Alhamdulillah, postingan saya yang hilang tadi, sudah kembali ter-index oleh Google setelah beberapa jam kemudian. Oh iya, durasi waktu kembalinya postingan yang hilang dari SERP pastinya tidak menentu. Ada yang butuh hanya hitungan jam (seperti pada kasus yang saya alami), ada juga kasus yang sampai berhari-hari lamanya baru bisa kembali. Ya intinya setelah kita keras dalam berusaha, jangan lupa berdoa :) .


Related Post



81 comments:

  1. aku mah nggak ngeh soal beginian Fin, *gaptek*

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he. Aku juga baru belajar kok mbak. Kemarin postinganku tiba-tiba menghilang dari index google. Alhamdulillah dengan 2 cara diatas, sudah kembali lagi :)

      Delete
  2. blog saya wordpress, tapi kok ngga pernah ngilang yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah berarti selama ini semua postingan pak mul sangat disukai mbah google he he.

      Delete
  3. punya saya tetap terindek waktu sya ketik url , tetapi saat saya cari dengan kata kunci tertentu tidak ada? sebelumnya sih sudah muncul dihalaman 12, lalu ada di hal 13 dan naik 12 lalu 13, ke 14, sampai ke 16, dan beberapa hari lagi lansung loncat ke hal 11 dan selanjutnya beberapa hari lagi tidak ada sduah sy cari sampai halaman terakhir,

    kok bisa ? dan apa penyebabnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin sudah tergeser dengan web/blog lain dengan kata kunci yang sama.
      Yang aneh adalah ketika sudah muncul di halaman satu dan berada di puncak. Tapi akhirnya malah hilang sama sekali. Ini yang patut dicurigai

      Delete
  4. Beberapa postingan saya juga hilang dalam satu hari ini,.. :( PV yang biasanya sekitar 1k/day, sekarang jadi cuma 150 doang sampe komen ini saya ketik,.. :(

    Bingung harus ngapain, gw udh nge fetch google juga percuma,.. T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dicoba langkah-langkah di atas mas?

      coba banyak berkomentar di blog orang lain dengan melink-kan ke alamat postingan yang hilang tadi. Semoga ini dianggap bahwa postingan tersebut menjadi penting. Sehingga bisa kembali terindex oleh google.

      Delete
  5. Kalau post yang sudah terhapus, gimana cara mengembalikannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sepertinya kalau ini susah untuk mengembalikannya.

      Delete
  6. ane juga barusan aja ilang nih postingan di SE tapi sekarang ane coba untuk edit artikel yang ilang tersebut terus mau resubmit sitemap, mudah2an muncul lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, salah satu cara membuatnya masuk ke Search Engine kembali adalah mengedit kata-kata di dalamnya, kemudian di resubmit kembali. Saya melakukan hal-hal seperti ini dalam beberapa kali berhasil masuk ke SE.

      Semoga berhasil.

      Delete
  7. wahhh ini yang ane cari gan..!!

    di coba dulu gan, jika berhasil bisa jadi referensi blogging lagi nih gan.. ada 4 post ane yang gk di index padahal posisi keywordnya 1-5 di SE..

    visit me site gan http://klikiri.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba mas dedy muswar. Semoga berhasil yah..

      Delete
    2. iya gan..

      udah jelas gan post ane hilang dari index google karena kena google sandbox,menurut ane sih karena penggunaan keyword yang berlebihan(hehehe).. tapi ane udah modif dikit yang kemarinnya 4 post yang kena sekarang tggal 2 post.. agan bisa liat post ane yang kena google sandbox : http://www.klikiri.com/2013/04/situs-penyedia-cheat-point-blank

      salam kenal gan..

      Delete
    3. wah. saya malah belum pernah kena google sandbox. Terima kasih tambahan infonya mas.

      Delete
  8. kalau pengalaman saya gan.. semua artikel dengan keyword yang biasa saya ketik di google malah gak ada sama sekali blogku yang muncul.. setelah saya cek ternyata bloggku kena google dance.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ada juga tentang google dance ya mas/mbak Sharing Informasi.
      Aku baru tahu ada juga seperti itu.

      Terima kasih infonya mantab.

      Delete
  9. Terima kasih sharenya..
    sangat lengkap sekali, patut di coba nih ilmunya..

    nakasih bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makasih atas apresiasinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

      Delete
  10. ya gan saya juga maengalami masalah yang sama bingung dengan apa yang terjadi pada postingan saya sampai bisa hilang dari serp tapi tips ini saya akan coba mudahan bisa mengembalikan postingan yang hilang dari serp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Agus, selamat mencoba dan semoga berhasil. Kalau pengalaman saya selama ini dengan cara-cara yang sudah saya sharing diatas lumayan berhasil.

      Delete
  11. Gue lagi ngalamin nih gan, kontes SEO ane hilang dr SERP bingung dah gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he. Coba dipraktekkan jurus di atas :)

      Delete
  12. bro bagi yang mau ikut cpns silahkan Download gratis Software CPNS disini
    http://kkgjaro.blogspot.com/2013/08/download-gratis-software-soal-cpns.html

    ReplyDelete
  13. Untuk saat ini, sebuah artikel dapat dikatakan agak sulit menembus halaman 1 Google, apalagi sejak diluncurkannya Algoritma Hummingbird 2013. Ini menjadi PR bersama bagi kita sebagai pengelola blog. Salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas informasinya 'Algoritma Google'. Sangat bermanfaat.
      Salam kenal juga

      Delete
  14. mas mau nanya blog saya kemarin jumat semua post artikel semuanya hilang dari se saya tidak tau kenapa bisa begitu bahkan pos populerpun saya ketik di se tidak muncul sama sekali,yang biasanya pengunjung 1300 an perhari sekarang menyisakan hanya 40 pengunjung perhari ..kenapa bisa begini ni alamat blog saya mas gratisslaguu.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup. hal seperti itu memang seringkali terjadi. Tiba-tiba saja postingan kita hilang dari search engine.
      Salah satu yang menyebabkan postingan kita hilang adalah ketika postingan kita mendapatkan kunjungan atau backlink secara tidak wajar.

      Tidak wajar dalam arti biasanya blog kita mendapat kunjungan 500 pageviews per hari, tetapi karena optimasi SEO yang berlebihan, mengakibatkan SE menganggap postingan ini sebagai spam.

      Nah, usaha kita adalah bagaimana postingan dari blog kita tidak dianggap spam oleh search engine. Beberapa langkah diantaranya adalah dengan melakukan apa yang sudah saya bahas dalam artikel diatas.

      Selamat mencoba dan semoga berhasil.

      Delete
  15. Wah mas tetap artikel postingan saya tetap saja hilang padahal artikel saya sekitar 690an tapi kok ilang semua nasepppp naseppppp sya liat blog sya tadi gratisslaguu tetap saja online cuman 1 terus mas aaapeeeessss mungkin ada cara jitu lagi massss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya lihat, blog gratisslaguu sudah kena google sandbox. Jadi seluruh postingan di dalam blog ini tak muncul di SE lagi.

      Saran saya, optimasi SEO jangan terlalu berlebihan. Karena jika traffic terlalu banyak dalam waktu yang singkat, maka ini dianggap aneh oleh Google dan mungkin saja dianggap spam.

      Langkah untuk keluar dari google sandbox
      1. Masuk ke google webmaster kemudian lakukan verifikasi kembali web anda.
      2. Lakukan submit ke beberapa situs directory. Saran saya silahkan submit ke 'dmoz directory'
      Silahkan lihat caranya di blog rekan saya di :
      Caranya submit DMOZ

      Memang tidak mudah keluar google sandbox, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Mungkin butuh waktu yang tidak singkat.

      Selamat mencoba.

      Delete
  16. MAS maksut dari verifikasi kembali di webmaster itu maksutnya gmana ya mas apa submit peta situs lagi atau hapus site dan buat lagi gitu apa ya mas maklum mas nggak ngerti juga taunya ngeblog juga dari mbahe google kii mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Maseus Shant : sudah lama sekali saya tidak masuk ke google webmaster. Seingat saya disana dulu ada bagaimana cara submit blog kita. Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan blog kita ke directory google.

      Coba nanti kalau ada waktu luang saya akan membuat postingan mengenai google webmaster ini.

      Delete
  17. Di tahun 2014 ini sepertinya Google lebih ketat dengan aturannya, duplikasi meta dan deskripsi yang muncul juga bisa menjadi sebab artikel blog tidak ditemukan pada indeks Google. Salam kenal buat admin dan semua yg berkomentar di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. informasi yang sangat berguna sekali mas blogger aneh. Terima kasih sudah berkomentar di gubug saya dan salam kenal.

      Delete
  18. wah kayanya blog saya jg kena nih mas..mungkin karena mmg beberapa kali mengubah meta tag malah yang tadinya bagus2 aja di google, skrg smua posting sy hiang semua. hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nandini :
      wah.. segera diperbaiki mbak meta tag nya. Pilih yang paling merepresentasikan isi dari blog kita. Trus lakukan metode SEO terbaik yang bisa kita lakukan :)

      Semangat!

      Delete
  19. entah kenapa mas dari tadi pagi artikel hilang semua,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Fikri : hemm mungkin kena google sandbox mas Fikri.

      Delete
  20. mas mau nanya nih, gimana ya caranya buat ngembaliin judul blog yang hilang di search engine...?
    judul blog saya "BERBAGI INFORMASI LENGKAP" hilang dan menjadi "judul blog anda"
    mohon sarannya...
    ini url blog saya: http://putuagem.blogspot.com/

    ReplyDelete
  21. blog saya sampai sekarang hilang di serp ada solusi yang lain tidak.

    http://infokuis-uptodate.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini, solusi yang saya ketahui yang sudah saya bahas di tulisan ini saja. Dan itu sudah berhasil untuk kasus yang saya alami.

      Delete
  22. saya juga mengalami hal yang sama,,, saya coba ikuti sarannya,,, moga aja berhasil,,, ^_^

    ReplyDelete
  23. Artikel saya hilang dari serp, semoga dengan meninggalkan link disini bisa kembali :)

    ReplyDelete
  24. kejadian ini yang saat ini saya alamin gan.
    sempat buat gua galau sesaat, tapi setelah baca postingan gan yang satu ini jadi legah. :D

    ReplyDelete
  25. Artikel saya banyak sekali yang menghilang dari serp, suram bener lihat view menjadi turun drastis.. :3 Aku cobak dulu caranya mas..

    ReplyDelete
  26. Saya juga pernah mengalaminya Gan, padahal sebelumnya halaman URL tersebut nongkrong di halaman pertama Google sesuai dengan kata kuncinya. Saya heran kenapa bisa begitu,karena postingan rasanya tidak ada masalah backlinkpun juga tidak terlalu kencang, akirnya setelah saya ping ke salah satu mesin ping, nongkrong lagi dech si dia.
    Makasih gan udah berbagi Ilmu.

    ReplyDelete
  27. Makasih banyak sudah berbagi,
    satu lagi pengalaman dari blog Sobat.

    ReplyDelete
  28. Gan postingan di blog ane koq gk ada ya kalo dilihat di webnya?
    Padahal di bloggernya ada
    nih blog ane nintendodsarea.blogspot.com

    ReplyDelete
  29. gan saya jg ngalamin gitu yang keluar malah artikel yang saya share ke googleplus, gimana tuh minta pencerahannya Http://mas-edisugianto.blogspot.com

    ReplyDelete
  30. yang ane gan lebih parah 4 blog ane semua dari page 1,2,3. hilang seketika padahal saingannya cuman sedikit kata kunci pencariannya cuman 15k 100k 200k 300k 400k sampai 500k. pas saya cek 1 persatu dari page 1 sampai ujung gada satu pun. Yang 1 Website yang 3 cuman blogspot. Kenapa ya gan?

    ReplyDelete
  31. terimakasih infonya ya..aku coba, semoga berhasil

    ReplyDelete
  32. makasih infonya aku juga mau coba untuk https://amoraindonesia.wordpress.com/2015/11/07/indosport-com-berita-olahraga-terbaru-dan-terlengkap-di-indonesia/#more-570 yang hilang dari peredaran

    ReplyDelete
  33. yang ini juga hilang https://ledakan.wordpress.com/2015/11/11/amazing-farm-produsen-jus-sayuran-untuk-diet-alami-hidroponik-berkualitas-terbaik-di-indonesia-2/

    ReplyDelete
  34. saya udah coba tapi mash berkurang makin lama dari indeks google, ini utk blog http://myreseppraktis.blogspot.com http://qubelajarblog.blogspot.com http://macamragammanfaat.blogspot.com

    ReplyDelete
  35. saya udah coba tapi mash berkurang makin lama dari indeks google, ini utk blog http://myreseppraktis.blogspot.com http://qubelajarblog.blogspot.com http://macamragammanfaat.blogspot.com

    ReplyDelete
  36. gan caranya gimana ya yang udah terlanjur ketendang google, capek2 setahun ngerjain berhasil di hal 1 ehh.. sekarang di hal 6 .. sedihh bangett

    ReplyDelete
  37. ane juga ngalamin kek ginian gan.. padahal 2 minggu lalu nggak apa-apa


    http://trickster.web.id - Web tentang tips trick

    ReplyDelete
  38. Gan mungkin ada solusi, situs saya http://www.kotareyognews.net ini kok aneh ya... Kalau malam jam 00.00 sanboox nya ilang, tapi menjelang siang hari jam 12 kok muncul lagi ya... Ada solusi gan...?!! Thanks

    ReplyDelete
  39. Saat ini total index di site map terus menurun, apakah ada artikel yang dihapus dari pihak google,,mohon pencerahannya,,

    ReplyDelete
  40. ngeri juga nih juka udah susah payah menulis artikel, kemudian nunggu waktu lama agar terindex, tiba2 hilang di google.
    mudah2an aja yang sedang ngalami masalah ini cepet terselesaikan dgn cara diatas.

    thanks infonya bro

    ReplyDelete
  41. haha sama ya, kok bisa menghilang semua ya artikel ku? apa yang salah? mungkinkah template nya tidak seo friendly?

    ReplyDelete
  42. makasih gan ane coba ya cara ke dua http://rasikomputer.blogspot.com/2016/12/cara-mengatasi-error-code-0x80070422-di.html

    ReplyDelete
  43. Nah kalau masalahnya kayak gini gimana gan ada yang tau solusi atau penyebabnya gak ya disini ?
    Website saya ada beberapa keyword sudah menempati posisi pertama, di hari berikutnya hilang dan hari kemudian ada lagi dan terus kayak gitu, kadang" ada kadang" gak ada kayak gitu ...

    ReplyDelete
  44. Mantap nih tipsnya perlu di coba biar naik naik ke puncak google website ane hehehe

    ReplyDelete
  45. Bagus tipsnya gan, sering ngalamin kayak gini nih

    ReplyDelete
  46. makasih info nya ini saya lagi ngalamin yang beginian.bukannya terindeksnya nambah malah berkurang mulu.
    https://sinaumbaca.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  47. atikelnya mantap. sekalian numpang blogwalking gan.
    http://smadgreen.blogspot.com/

    ReplyDelete
  48. mantaff infonya gan.. tapi saya udah coba tetap belum ada di search google dengan web, https://www.bukupaud.tk/, mohon info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Silahkan Ven Tero dicoba tips-tips yang sudah dijelaskan di postingan ini. Semoga url nya segera kembali terdeteksi google.

      Delete
  49. saya mengalami hal serupa juga min, sampe sekarang masih belum teratasinya. terimakasih atas informasinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Postingan ini saya buat di tahun 2012. Mungkin google sudah memodifikasi terkait search engine. Maka solusinya bisa jadi kurang ampuh untuk saat ini.

      Tetapi saran saya patut untuk terus dicoba. Di samping itu juga mencari solusi lain yang update dengan algoritma google 2018.

      Delete
    2. baik min saya akan coba lagi
      terimakasih atas bantuannya.
      salam sukses terus..

      Delete
  50. lagi sering" blogwalking ke blog", mudah mudah bisa cepat terindex

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. Banyak jalan supaya bisa terindex Google

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates