Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat menulis masih menyala terang, menarikan pena melukiskan cerita kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Kamis, 02 Februari 2012

11 Kesabaran Panjang

Hari itu hari sabtu. Hari biasa saja, tidak ada yang spesial. Hanya sebuah rutinitas kegiatan khas hari sabtu yang saya kerjakan. Jalan pagi, bersih-bersih, cuci piring dan berbagai pekerjaan rumah tangga yang lain. Maklum saja, dengan hidup sendiri saya musti belajar untuk hidup mandiri. Meski pada kenyataannya, rumah ini tetap saja seperti kapal pecah, tak sebersih ketika istri sedang liburan menemaniku disini.

Siang itu saya baru saja selesai pulang sholat dhuhur. Rencananya ingin menonton dorama Detective Conan sambil menikmati nyruput kopi cappucino dengan cokelat granule. Tapi tiba-tiba ada sms berdering dari ponsel kecil saya. Rupanya sms dari istri menanyakan kabar dan keadaaan. Tak berapa lama saya segera membalas sms mangabarkan kondisi dan apa yang sedang saya lakukan. Ya gitu deh.. sms khas anak muda yang sedang kena virus. Virus cinta ^_^.

Selesai membalas sms, saya segera menyalakan laptop untuk segera menonton dorama Conan. Sambil menunggu laptop booting, saya ke dapur untuk membuat kopi. Belum sempat saya menyalakan kompor untuk memasak air, tiba-tiba terdengar ringtone hape saya yang ber-soundatrack palestina tercinta, shouhar. Hemm rupanya telepon dari istri.

Istri : "Mas... #%^&*(***&%$#@^&.....".

Suara istri nyaris tidak bisa dipahami, dia menangis sesenggukan. Saya ikut panik. Rasa penasaran, kaget, bingung bercampur menjadi gado-gado kepanikan.

Saya : "Ada apa dek!!?". Saya semakin panik saja.

Istri : "Ibu meninggal mas..., tadi ketika nonton TV trus ingin ke kamar melihat kondisi ibu, namun dia sudah tidak ada, MasyaAllah....". Suara istri saya semakin sesenggukan saja.

Innalillahi wa ina ilaihi roji'un. Ya Allah mudahkanlah jalan beliau ya Allah. Jadikan beliau mendapat tempat terbaik disisi-MU. Dan untuk beberapa saat lamanya saya berusaha menenangkan kesedihan istri saya. Sayapun hari itu juga, langsung memesan tiket kereta untuk pulang ke Magetan malamnya.

Hati saya sejenak kelu, mengingat semangat jihad Ibu dalam kesabaran atas penyakit itu. Bisa dibilang Ini sebuah episode heroik kesabaran panjang dari seorang ibu. Beliau menderita stroke parah sejak istri saya masih kelas 2 SMU. Kalau dihitung mundur lagi sebenarnya serangan stroke pertama ketika istri saya masih duduk di bangku SMP. Sehingga kalau dipikir-pikir sudah 13 tahunan beliau terus berjuang dan berpijak pada kesabaran. Namun sebulan terakhir rupaya fisik beliau sudah tidak mampu lagi menopang. Dan Allahpun memanggilnya.

"Tiada seorang mu'min yang rasa sakit, kelelahan (kepayahan), diserang penyakit atau kesedihan (kesusahan) sampai duri yang menusuk (tubuhnya) kecuali dengan itu Allah menghapus dosa-dosanya" (HR. Bukhari)".

Semoga Allah menerima seluruh amal sholeh Ibu saya, dan ketabahan dalam menerima penyakit ini menjadi kifarat atas dosa-dosa beliau.


-fifin-
Sebuah pagi di kontrakan Bandung, 2 Februari 2012.

Related Post



11 komentar:

  1. Amiin yaa Rabbal'Alamiin..turut berduka cita mas..

    SubhanaAllah...sungguh kesabaran yang panjang, bukan cuma ibu yang sabar, tapi juga mbak yuli dan keluarga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin. Makasih ris.

      yup.., Di mata saya kesabaran yang dek yuli, kakak dan bapak lakukan dalam merawat ibu sungguh luar biasa.

      Hapus
  2. Turut berduka cita fin, semoga mbak yuli dan keluarga diberikan kesabaran. Amiin.
    suatu kesabaran dan ketabahan yang panjang. semoga dengan sakit nya seorang ibunya mbak yuli, menjadi kifarat dan menjadi bekal amal di akhirat nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin ya Rabb. Makasih put.
      Setiap nyawa akan berpulang, yang penting adalah mengambil hikmah dalam setiap kejadian. Karena sebaik-baik nasihat adalah mengingat mati. Kematian akan pasti menimpa saya, kamu dan kita semua. Harus segera menyiapkan bekal yang banyak..

      Hapus
  3. trut berduka cita mas..
    smga beliau ditempat disisi_Nya.amiiin..

    BalasHapus
  4. Terima kasih, sdh dituliskan di sini mas. Saya blm sanggup menuliskan. Terima kasih jg utk semua, atas doa dan dukungannya.

    Semua ujian ini adalah tempaan kesabaran. Karena beliau jg sangat sabar menerima ujian sakit, dan berusaha tdk bnyk merepotkn.

    Dlm diam dan keterbatasan beliau, senantiasa ada doa utk anak2nya.

    Love u Mom :)

    BalasHapus
  5. Innalillahi wainnailaihi roji'un..,

    Turut berbela sungkawa Mas...
    Salam untuk istrinya ya Mas, lagi pisah kota ya? Kami sekeluarga juga suka shouhar.

    Salam kenal juga ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak Yunda.
      iya nih masih pisah kota. Semoga segera dipersatukan ^_^.
      Nasyid shouhar memang kereen..

      Hapus
  6. turut berbela sungkawa pak fifin
    semoga amal ibadah beliau diterima di sisi-Nya
    dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran serta ketabahan

    salam buat istrinya ya Pak :D

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates